Senin, 31 Oktober 2011

Pesona Waduk Klampis Sampang Madura



Tepatnya di Sampang Madura terdapat Waduk Klampis dengan luas areal 2603 Hektar. Pertama mendatangi Waduk Klampis yang dirasakan adalah kesejukan. Setiap mata memandang hanya ada keindahan akan Waduk Klampis. Hijaunya tetumbuhan yang menyelimuti bukit yang ada disamping waduk klampis menambah keindahan pesona Waduk Klampis. Selain itu Waduk Klampis sangatlah bermanfaat bagi Para Petani dan warga yang tinggal di sekitar Waduk. Airnya yang mengalir merupakan sumber kehidupan Para Petani yang mana dapat membantu dalam Irigasi pengairan sawahnya. Bagi Penduduk sekitar juga memanfaatkan airnya untuk kehidupan seahari-hari.
Yang membedakan Waduk Klampis dengan Waduk lainya adalah keindahannya masih alami. Seperti belum terjamah oleh tangan-tangan manusia. Itulah ciri Khas dari tempat wisata yang ada di Madura. Panorama alamnya terpancar indah dan alami. Meskipun untuk mencapai Waduk Klampis harus melakukan perjalanan yang jauh dari jalan raya. Diamana sepanjang perjalan hanya terlihat sawah yang membentang luas. Dihiasi tanaman padi yang hijau membuat mata memandang menjadi lebih fresh.

Rumah penduduk sekitarnya pun tidak kalah unik. Rumahnya kebanyakan masih terbuat dari bambu. Tetapi rasa persaudara'annya masih terbina dengan baik antar warga. Sa'at berkunjung kesana kebetulan bertepatan dengan Maulud Nabi Muhhammad S.A.W. pemandangan yang terlihat adalah sekumpulan orang yang berkumpul disalah satu warga. Meskipun sa'at itu matahari baru terbit. Tetapi mereka sudah berkumpul untuk mengaji dan ngobrol bareng. Suasana yang hangat akan keakraban itupun tercipta antara mereka. Dan tradisi itu ngaji bareng itu bergilir dari rumah satu kerumah warga yang lain.
Kekeluargaan antar penduduk Madura masih terjaga dengan baik. Sikap saling tolong-menolong masih melekat dalam diri orang madura. Salutnya mereka sedikitpun tidak memperdulikan perkembangan teknologi moderen. Masih berpegang teguh pada Agama dan hidup secara tradisional. Itu bisa terlihat dari Tempat wisata yang di Madura masih alami. Termasuk salah satunya adalah Waduk Klampis ini.

2 komentar:

Wahyu mengatakan...

Keren banget, pemandangannya!
lebih keren kalau tidak ada manusia yang menghalanginya itu! :))

MdarulM mengatakan...

Wah nice post neng

Posting Komentar