Minggu, 13 Maret 2011

GRID COMPUTING


Merupakan sebuah aplikasi pengembangan dari jaringan komputer (network). Hanya saja, tidak seperti jaringan komputer konvensional yang berfokus pada komunikasi antar pirati (device), aplikasi pada Grid computing dirancang untuk memanfaatkan sumber daya pada terminal dalam jaringannya. Grid computing biasanya diterapkan untuk menjalankan sebuah fungsi yang terlalu kompleks atau terlalu intensif untuk dikerjakan oleh satu sistem tunggal. Dalam pengertian yang lebih teknis, Grid computing merupakan sebuah sistem komputasi terdistribusi, yang memungkinkan seluruh sumber daya dalam jaringan, seperti pemrosesan, bandwidth jaringan, dan kapasitas media penyimpan, membentuk sebuah sistem tunggal secara vitual, dan adanya sejumlah besar workstation yang tersebar di seluruh dunia yang bekerja secara bersamaan dalam Grid computing. Seperti halnya pengguna internet yang mengakses berbagai situs web dan menggunakan berbagai protokol seakan-akan dalam sebuah sistem yang berdiri sendiri, maka pengguna aplikasi Grid computing seolah-olah akan menggunakan sebuah virtual komputer dengan kapasitas pemrosesan data yang sangat besar.

 Beberapa peluang The Grid kedepannya yaitu:
1. Tiap orang akan bergantung pada aplikasi online karena pada saat itu kecepatan Internet akan menjadi berkali-kali lebih cepat, sehingga pengguna komputer akan bekerja online dengan menyimpan data dan pekerjaan mereka di Internet.
2. Aktifitas online yang sekarang dirasa tidak mungkin (membutuhkan bandwidth besar) menjadi mungkin seperti video hologram; game online yang menjadi banyak bermunculan
3. Fasilitator social networking.
4. Grid dapat mempercepat transfer data, maka akan banyak industri yang tumbuh, sehingga dengan adanya the Grid, maka akan menjadi katalisator pertumbuhan Industri.
5. Edukasi, semakin cepat dan mudahnya data yang dicari melalui konsep The Grid.
6. Pemerintahan. Pemerintah dapat mengimplementasikan e-goverment dan meningkatkan pelayanan yang ada.

0 komentar:

Posting Komentar