Sabtu, 10 April 2010

Perbandingan RDBMS dan SQL

Secara umum RDBMS adalah kenyataan bahwa implementasi yang ada saat ini dipandang sebagai terlalu statis. Spekulasi bermunculan terhadap kemungkinan untuk membuat sebuah sistem basisdata generasi baru yang menggunakan model relasional secara dinamis dengan kolom yang bisa dibuat secara dinamis, ukuran yang berkembang secara dinamis, didefinisikan secara dinamis. Setiap baris dapat diimplementasikan sebagai map (kamus ataupun larik asosiatif) dan kolom-kolom yang tidak dikenal secara sederhana disajikan sebagai field kosong. Beberapa kalangan menganggap hal ini menyalahi model relasioal murni, namun kalangan lain menyanggah bahwa sebuah penggunaan map hanyalah sebagai detil implementasi saja. Sehingga dalam pandangan ini, sebuah kolom yang tidak ditemukan/tidak ada secara sederhana hanyalah dipandang sebagai perihal interpretasi dan dianggap sebagai pilihan cara penyajian saja.
Sedangkan sql (structured Query Language digunakan sebagai anatarmuka dalam pengelola data dan merupakan bahasa komprehenshif untuk basisdata
. Didalamnya terdapat perintah untuk mendefinisikan data, melakukan query dan update terhadap data. Perintah tersebut dikelompokan dalam istilah DDL dan DML dan ada beberapa perintah tambahan sebagai fitur dari produk sql. Di antaranya adalah fitur untuk pemberian hak akses terhadap data ataupun untuk maintenance.

0 komentar:

Posting Komentar